All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Friday, April 28, 2006

Mending taro duit di reksadana ato di deposito sih?

Mau taro duit dimana, tergantung dari kita punya tujuan ato target apa n pastinya seberapa besar tingkat toleransi kita sama resiko. Kaya kata orang deh, high risk high return, tp sebenernya risk itu sendiri kan ada yg controllable alias bisa dikendalikan seperti pengetahuan kita ke instrumen investasi dan uncontrollable risk ataw yg dibilang ga bisa terkendali.
Kita coba ulik hal2 dasar tentang 2 tempat taro duit ini, reksadana n deposito.

Deposito sampe hari ini masih di jamin oleh pemerintah, so relatif lebih aman, tp jangan salah pemerintah udah ancang2 loh buat nurunin jumlah amount yang dijamin. Tahun depan di targetin kalo simpanan yang boleh masuk penjaminan itu yang dibawah 100 juta, nah loh gimana kalo pada punya duit 200 jt n di taro di satu bank alhasil Cuma setengahnya yang dijamin. Ya bisa2 aja sih akal2an, buka di bbrp bank, trus buka pake beberapa nama, tapi apa ga ribet tuh? Apalagi kalo pake beberapa nama, salah2 pas kita mo pake orang yang namanya kita pake udah keburu sikat dulu dananya :P
Next, kecenderungan suku bunga (skg april 2006) saat ini menuju ke kecenderungan menurun, karena inflasi kita beberapa bulan ini juga mulai turun, spread suku bunga dollar n rups juga masih cukup jauh, walo harga minyak dunia lagi tinggi ya bow... jadi tetep2 aja waspada kalo2 tiba2 kenaikan harga bbm lagi sehingga inflasi melonjak lagi ya keadaan bisa berubah lagi.
Jadi kalo kecenderungannya skg turun, anggaplah skg kita dapet depo di 9%, potong pajak 20% sisa 7.2% net per taon. Beberapa bulan ke depan otomatis udah ga sebesar itu lagi kan?
Sebenernya kalo kita masih ngulik deposito kita masih masuk di kategori learn how to save ataw belajar buat nabung bukan belajar buat investasi. Laen kali kita ngobrol banyak tentang ini.

Instrumen reksadana.
“Nah loh binatang baru apalagi nih, yang gw denger aja taon lalu pemegang reksadana pada ngamuk2 karena investasinya merosot jauh banget, gila apa skg gw mau masuk jurang.” Ungkapan kaya gini mungkin ga jarang ya kita denger, udah apatis sebelum mencoba. Anyway, gw sih cuekin aja, anjing menggonggong kafilah berlalu. Gw ndiri bisa bilang semua orang mo bilang reksadana rugi, gw sih kagak tuh. Ya gw sih masih small player yg still try to learn more and more about these stuffs. Tapi justru disitu kuncinya, gimana lu mau belajar, namanya belajar pasti ada jatuh, ada sakitnya, ada ruginya (sekolah aja lu kudu bayar) tapi yg penting lu keluar sebagai pemenang toh?:) sekolah kelar, kuliah lulus, dan ini masuk reksadana keluar dengan keuntungan di tangan dunk pastinya jangan keluar dengan derita.
Reksadana di indo skg baru ada reksa pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran n yg terbaru terproteksi. Pada umumnya dalam kondisi pasar yg stabil yg terjadi spt :

Bunga deposito lbh kecil dr yield Rd pasar uang lbh kcl dr Rd pendapatan tetap lbh kcl dr Rd campuran lbh kcl dr rd saham, sedangkan untuk reksadana terproteksi, tergantung dari produknya masing2 tapi umumnya boleh dibilang ada diantara Rd pt n Rd c. Nah kalo kita udah mulai celupin kaki di area ini, meaning kita udah mulai masuk area learn how to invest.
Tiap jenis reksadana ini pasti ada plus minusnya, next time kita bedah satu2 yah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home