All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Monday, May 15, 2006

Rupiah Rontok, Bursa Berguguran

Hanya dalam tempo dua hari, rupiah kita merosot dari 8700 an ke 9300 an. Dahsyat banget. Sempet berkelebat di pikiran kita, ada apa dengan indo nih? Ternyata setelah dilihat-lihat, sisi sederhananya seperti ini. Beberapa bulan lalu, dana-dana asing melihat indo sebagai market yang cukup menarik, karena suku bunga kita cukup tinggi, sekitar 12.75% sehingga spread atau selisih dengan suku bunga amerika (fed rate) yang masih di 4.5% cukup lebar. Jadi berdatanganlah dana-dana asing ke pasar modal kita, jadilah pencairan dollar sehingga rupiah kita katanya berotot :P . Nah dana-dana inilah yang masuk ke pasar saham, obligasi dan kawan-kawannya. Udah kebayang dunk kelanjutannya, bursa saham teruuuusss menanjak. Heboh banget sampe bulan ini belum ada penurunan yang signifikan, sampe akhirnya kemaren bursa drop 90 poin lebih. Kaget, pastinya. Yupe, para investor ini merasa sudah cukup mendulang emas di bursa, so mereka merealisasikan keuntungan ato yang sering disebut profit taking. Naaaahh ini dia, mereka profit taking, dapet rupiah, rupiahnya tukerin lagi ke dollar karena fed rate naek jadi 5% dan BI rate diturunin jadi skitar 12.5%. Ditambah lagi, pasar komoditas kemaren juga cukup aduhai, logam mulia sempet di angka 204.000 per gr so buru-buru deh para investor kakap yang udah puas ngelakuin yang namanya profit taking. Cerita selanjutnya ya sama kaya tadi, hasil rupiahnya dibeliin dollar lagi. Inget kan tadi dollarnya dianggap udah murah banget di 8700.
Nah sekarang bagian hotnya. Orang kita lucu banget, gampang banget dibikin panic, begitu liat dollar naek, naaaaah ikutaaaan de beliiiiii aduuuuuhhh makin hancur lah rupiah kita. Laennya lagi ngeliat ihsg meluncur deras, langsung pada kebakaran jenggot, yang ikut reksadana saham pada redeem habis-habisan….. aduh mak… beneran rugi dah kalo udah kaya gini.  Investor asing menenggak keuntungan, investor kita nikmatin getah ruginya.
Kadang ada juga yang nanya, kalo gitu kapan dunk waktu yang pas buat masuk atau buat keluar dari reksadana ato apapun yang berbau pasar modal. Nah ini sih jawabannya susah-susah gampang. Kalo bursa lagi menanjak, kita takut kalo masuk taunya besok drop nah kalo lagi drop makin takut lagi kalo besok-besok lebih drop. Kalo takut-takut terus ya akhirnya ga masuk-masuk dan kita Cuma jadi penonton. Yang penting kita paham, semua investasi pasti ada resikonya, ukur dulu resiko terburuk bisa diterima ato gak. Kalo bisa, masuk aja ga usah banyak pikir, nanti di dalam kita sambil belajar, namanya sekolah aja pake biaya, masa belajar investasi mau untung terus alias ga mau bayar duit sekolah?:) Ga ada satupun ahli ekonomi ato keuangan manapun yang bisa memastikan kemana pasar pasti bergerak, kalo ada yang bisa, pasti mereka ga perlu lagi tuh kerja sebagai finance consultant ato economist or apapun juga, ya kan?:)
Satu hal yang pasti di dalam pasar bursa manapun, setelah suatu kenaikan pasti akan ada penurunan dan demikian sebaliknya. Tapi waktunya kapan, turun berapa, naik berapa, mana puncaknya tidak ada yang pernah tahu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home