All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Monday, May 22, 2006

Yaaaah coba gue ikutan dari dulu, pasti udah untung deh…

Sering ga sih denger orang-orang yang ngomong gini? Kadang bikin kita senyum simpul juga, gimana ga? Waktu liat bursa ambruk mereka berapi-api bilang wah jangan deket-deket bursa deh, abis duit lu ntar. Tuh kan kata gue juga apa, jangan maen saham deh. Tapi giliran bursa lagi melonjak-lonjak, mereka bisa bilang, waduh coba gue ikutan waktu index masih 700 sekarang gue pasti udah tajir berat. Waduh, kalo ada yang tau hari esok bursa sih, Warren Buffet aja kalah tajir kali yah.Ada juga yang komen, gue sih tunggu bursanya dibawah 1000 baru mau masuk. Ya, ga salah sih pendapat ini, sah-sah aja, tapi pernah kepikiran gak, gimana kalo ternyata bursa ga turun-turun lagi ke angka 1000 sampe sekian puluh tahun ke depan. Artinya sampe sekian puluh tahun ke depan juga kita Cuma bakal jadi tim pesorak yang sibuk berkomentar a, b ,c tapi tetep di bangku penonton. beberapa hari kemaren, kaya yang di posting kemaren, bursa saham, valas dan kawan-kawannya melorot habis-habisan.. Gw terdiam juga sih, ya ini memang situasi sulit ya, apalagi kalo kita ada kebutuhan di mata uang laen, ditambah panic. Yes… ternyata kesalahan paling fatal yang kita lakuin kalo ambil keputusan jenis-jenis ini, ada di kata “panic” ini.
Salah satu kenalan gw sempet nanya, dia pengen ikutan saham tapi gw ogah banget kalo kudu mantengin index dan semua indicator ekonomi, gimana dunk? Ya, gampang-gampang aja, ambil aja reksadana saham, tapi balik-balik lagi, jangan gampang panic deh, selaen itu waktu pilih reksadananya, ya dibaca dulu prospektusnya, jenis produknya, siapa yang kelolanya, termasuk berapa besar dana yang kita rela tempatin, jangan liat pas nikmatnya aja, tapi pikir-pikir dulu rela ga kalo dana segitu terkikis selama beberapa periode. Learning by doing menurut gw lebih berasa, dibanding Cuma denger kata orang. Mau terus buat kenal lebih dalam jenis investasi yang kita masukin ini paling penting. Jangan Cuma nge bebek, giliran rugi, nyalahin marketingnya ato manajer investasinya. Yup mungkin mereka ada andil salah, tapi kesalahan terbesar adalah kita, karena kita yang ambil keputusan terakhir kan? :)

Barusan one of my dear friend nanya, sekarang kondisi ihsg udah drop banget, gimana nih baiknya masuk ke reksadana ato ga, kondisi ke depan bakal seperti apa?
Ok, konteks reksadana ini mau reksadana apa dulu, karena ihsg itu indicator untuk reksadana Saham n Campuran, tapi bukan buat indicator reksadana pendapatan tetap ato pasar uang. Kalo untuk masuk ke reksadana saham, coba masuk sebagian. Contoh, 100% dana yang kita siap masuk ke reksadana, masuk 10%, kalo turun lagi masuk 20% dan seterusnya, kalo ternyata naik ya kita juga masuk 20% dan seterusnya, setidaknya ini adalah “cara aman” belajar berinvestasi di reksadana jenis ini. Kalau kondisi pasar naik terus ke atas, setidaknya kita sempat membeli sebagian di harga murah, namun jika ternyata pasar bergerak turun, ya kita pun membeli lebih banyak pula di harga murah. Intinya, siapin hati, jangan mudah panik. Siap ambil resiko bahwa ada kemungkinan dana awal kita tergerus dalam jangka pendek tapi masih ada harapan lebih besar lagi bahwa di jangka panjang akan naik jauuuuuhhh lebih tinggi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home