All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Monday, May 21, 2007

Penipuan berkedok Investasi

Tadi pagi pas gw liat TV, ada lagi penipuan berkedok investasi. Yang kemaren heboh tu kan Wahana ya, salah satu orang yang gw kenal ada yang ikut juga, tapi ga jelas deh apa dia termasuk yang beruntung keluar sebelum hancur ato termasuk gerombolan yang ditilep mentah-mentah.
Gw ndiri pernah TERTIPU mentah-mentah waktu jamannya peternakan ayam itu loh gw ikutan ad-farm. Padahal tuh mestinya dari awal gw udah feeling ga enak, soale pas gw minta liat financial statementnya dia (ceileee gaya banget ya, ya secara gw anak akunting gitu) yang dikasih malahan kertas-kertas ga mutu yang ga nunjukin apa-apa tentang keadaan keuangan perusahaan, dengan dalih rahasia perusahaan hahahah ya konyol lah, ditawarin jadi investor tapi dirahasiain, konyol itu namanya.
Lebih konyol lagi, gw coba lagi. Kalo sekarang gw udah bisa ketawa, kalo dulu manyun abis. Hari ini gw masuk, bulan depan gw langsung keilangan semuanya, boro-boro dapet bagi hasil :)
Gw sadar, yang masuk waktu itu bukan kesadaran gw tapi emosi dan hasrat pengen dapet duit banyak dengan effort yang sedikit.
Sekolah harus bayar, ya daripada sakit hati berkepanjangan gw itung sebagai duit sekolah gw dah.
Tapi dari semua itu gw menyimpulkan kalo kita mo investasi banyak PR yang harus dikerjain :
1. Kenalin diri sendiri dan susun rencana investasi sendiri
Jenis investor kaya apa sih kita. Seberapa sanggup sih kita terima resiko and so on.
2. Tau bedanya investor dan spekulator
3. Tau, ngerti dan paham sama perusahaan yang ngejual produk investasi tersebut.
4. Tau, ngerti dan paham banget sama produk yang mau kita masukin duit
5. Terus dipantau walau ga perlu tiap ari, itu namanya bukan pantau tapi di pantengin heheheh
6. Kalo ada hal-hal yang ga sesuai dengan rencana investasi kita, ya jangan ragu buat ngubah dunk.

Next time gw share tentang gimana liat produk investasi itu realistis ato ga ya... Ya pastinya dari kacamata gw yang belom masuk di deretan investor canggih la ya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home