All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Thursday, March 08, 2007

Budget travel to s'pore

Seperti yang udah ampir semua orang tau, kalo jalan ke s'pore bisa lewat batam n menghemat biaya fiskal lima ratus rebu rupiah. Hmmm lumayan menurut gw sih. Perjalanan kemaren gw awali dari Bandung, ya karena gw tinggal di Bandung ya bo! :) option pesawat dari Bandung ga banyak, cuma merpati n citilink nya Garuda. Tapi kalo mo direct ke s'pore ya mesti pake Merpati kalo mau terbangnya dari Bandung. Sampe di s'pore kita landing di bandara Hang Nadim, kalo pendapat pribadi, ya sama aja deh kaya Bandara di indo pada umumnya, kalo dibanding bandara Bandung ya so pasti lebih gede, kalo keadaanya ya standar indo deh. Dari sana kita bisa langsung ke s'pore or stay dulu di Batam. Kalo belom pernah ke Batam, boleh deh coba stay 1 malem, tapi yang mesti diinget, di Batam transportasinya pake taxi yang ga ada argo nya so, ya gimana deh pinter-pinternya nawar aja. Kalo taxi dari bandara ke pelabuhan ferry udah ada harga resmi dari bandara Rp. 70 rebu. Tapi once again, kalo pake taxi yang dinego ya paling banter sih 50-55 rebu doank. Sebelum naek taxi, beli dulu tiket ferry nya, karena di seaport harganya relatif lebih tinggi. Tiket ferry ini bisa berlaku 1 taon. Hari itu kita beli, berangkatnya besok pun ok aja. pokoe setaon dah. Operator ferry yang kemaren gw liat ada 2, batamfast n penguin. Gw baru coba yang penguin, waktu gw jalan harga tiket returnnya beda S$0.5 dari batamfast. Waktu jalannya banyak juga. Gw agak lupa paling malem jam berapa, tapi kalo sekitar jam 7 an gitu pasti masih ada koq. Kalo ga salah sih jam 10 an yang terakhir.
Di seaport prosedur yang berlaku mirip sama di airport, jadi kita check in dulu buat dapet boarding pass, trus bayar seaport tax and fiscal kalo passport kita bukan passport batam, udah gitu turun ke imigrasi, setelah beres semua tetek bengek, ya tunggu deh di ruang tunggu sampe kapalnya sampe dan kita masuk. Yang kudu diinget mau pergi ato pulang, dua2nya ga ada fasilitas bagasi, jadi kalo mo jalan lewat batam jangan ribet bawaan deh. Kejadian waktu itu ada yang ketuker kopernya sama orang laen, alamak, puyeng dah!!. seaport tax dari batam ke s'pore S$3 kalo dari harbourfront (s'pore) ke batam S$10. Ok sampe sini dulu ya, ntar dilanjut lagi :P

Labels:

2 Comments:

At 8:40 PM, Anonymous Anonymous said...

Gitu dong May, nulis lagi. BTW kalo boleh usul, buat mempermudah yang baca, gimana kalo setiap berapa kalimat, loe kasi jeda? Biar enak secara visual aja... dan orang ga pusing baca terlalu banyak font berjejal... hehehe... *dasar org visual* Waiting for your next update about financial matters!!!!

 
At 8:54 PM, Blogger Chen Cecilia M said...

heheheh thanks for your advice monce :) need a lot of advice from the master nih...
any more comments, feel free to drop in yak!!! :)

 

Post a Comment

<< Home