All about ME , My LiFe n My ThOuGt

Friday, June 16, 2006

Maseh nglanjutin cerita reksadana

3. Reksadana Campuran (Balanced Fund)
Reksadana jenis ini mengalokasikan asset kelolaannya di obligasi, saham dan sbi (surat berharga Bank Indonesia) Tingkat resikonya gimana? Ya otomatis lebih tinggi dari reksadana pendapatan tetap, lha wong porsi saham ini yang bikin volatilitasnya relative lebih lebar.

4. Reksadana Saham (Equity Fund)
Nah ini dia reksadana paling agresif (untuk saat ini). Di reksadana ini paling dominan alokasi di saham dan sebagian kecil ada yang dibagi-bagi ke pasar uang dan obligasi. Ada reksadana tertentu yang spesifik main di sektor tertentu, ada yang ke saham berkapitalisasi kecil ada yang masuk di saham kapitalisasi besar saja, dll. Semua ini biasanya dirangkum di apa yang disebut prospektus. Disitu kita bisa tau arah kebijakan dari si manajer investasi. Dari kebijakan ini juga kita bisa ukur tinggi rendahnya resiko yang kita bakal terima, dan otomatis potensi return yang kita bisa dapatkan.

Setelah terjadinya heboh redemption reksadana besar-besaran tahun lalu, mulai bermunculan reksadana terproteksi, ada yang murni baru dibentuk ada juga yang disebut “ sekoci penyelamat ” karena reksadana mereka sebelumnya rontok diterjang investor yang kalang kabut redeem plus harga obligasi yang waktu itu anjlok sehingga berefek pada NAB nya yang minus cukup dalam sehingga para investor ngamuk-ngamuk seperti banteng terluka. Nah akhirnya mereka berinisiatif, kalau investor bisa sabar, dijamin dalam waktu tertentu modal awal pasti kembali. Ini cerita tentang si sekoci penyelamat.

Tapi, ada juga lho reksadana terproteksi yang memang murni dikeluarkan oleh manajer investasi tertentu. Alokasinya bermacam-macam ada yang bermain di obligasi 3 bulanan, 1 bulanan atau saham disertai pemilihan saham global, dll. Jangka waktunya juga berbeda-beda, aturan main pun tergantung produknya. Nah jenis reksadana ini bisa disebut reksadana tertutup karena masuk bersama-sama keluar juga diharapkan bersama-sama. Tapi tidak menutup untuk beberapa feature produk tertentu keluar tidak harus bersama-sama tapi hanya bisa pada jadwal waktu yang telah ditentukan oleh Manajer Investasi bersangkutan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home